Rabu, 30 Januari 2013

Pengertian dan Perbedaan Link, Hyperlink, URL

Pengertian Link,Hyperlink,URL

  • LINK
Link (atau di sebut juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertex) ke dokumen yang lain atau sumber lain. seperti hal nya suatu kutipan di dalam literatur. dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
  • HYPERLINK
Hiperlink adalah grafis atau teks dalam dokumen yang dapat menghubungkan pembaca ke halaman web atau blog yang lain, atau bagian lain dari dokumen.
  • URL

engertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep  URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locatorsyang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.

link adalah:hubungan data dalam satu dokumenhyperlink adalah:hubungan data beda dokumen atau beda komputer.Demikian pula dalam HTML dikenal link dan hyperlink.Kalau dalam HTML link dan hyperlink pengertiannya adalah sebagai berikut:Link adalah:Hubungan data dalam satu sitecontoh: daftar isi, category, about me, guestbook dan lain-lainhyperlink adalah:Hubungan data dengan lain siteContoh: Blogroll, css import, komentar dan lain-lain


Di dalam situs web biasanya kalian akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Inilah yang disebut hyperlink atau link. Jika bagian ini diklik, kalian akan dibawa ke halaman web lainnya. Kalian dapat mengetahui bahwa tels tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya, pointer itu berubabah menjadi pointing finger .Digunakan untuk memudahkan user untuk menelusuri seluruh isi atau informasi yang tersimpan dalam website bersangkutan. Hyperlink bisa dipakai di:- Halaman Web- Halaman Yuwie- Halaman Friendster- Komen box wordpress,blogger- dan halaman lainnya yang support HTML 


Perbedaan link,Hyperlink,URL
Tentu kita sudah familiar dengan product-product microsoft yaitu word, excell dan kawan-kawan. Di situ di kenal dengan link dan hyperlink. Kalau dalam program pengolah dokumen tersebut yang di maksud dengan:

Tag yang digunakan untuk membuat link dan hyperlink adalah sama yaitu <a> yang merupakan singkatan dari anchor atau jangkar. Lalu dimana bedanya? Bedanya pada anchor atau jangkar atau tambatan link/hyperlink tersebut. 
Dan URL hanya lah sebuah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet


2 komentar: